Sabtu, 11 Februari 2012

The Elder Scrolls V: Skyrim


STORYLINE
Jika cerita utama di TES IV berlangsung sekian bulan seusai kisah utama dari TES III, maka kisah cerita di TES V ini berlangsung 200 tahun seusai berakhirnya oblivion di TES IV. Kemudian, setting lokasi dari TES V ialah berada di provinsi Skryim, yang perbatasan timurnya bersebelahan dengan provinsi MOrrowind (TES III) dan sebelah selatan berbatasan dengan provinsi Cyrodill (TES IV), perbatasan barat dengan wilayah HIgh Rock dan sebelah barat daya dengan wilayah Hammerfell, sedangkan di utara Skyrim berbatasan dengan lautan luas (Sea of Ghost) dan perbatasan timur laut dengan pulau Solstheim. Kisah utama di game ini masih memiliki tradisi yang sama seperti seri sebelumnya, seorang tahanan tanpa nama baru saja keluar dari penjara, bersama para narapidana lainnya, mereka semuanya akan dieksekusi mati oleh tentara kerajaan (Imperial Legion) di salah satu desa kecil di Provinsi Skryim, bernama Desa Helgen, karena dianggap sebagai bagian dari kelompok pemberontak, Stormcloak, pimpinan Ulfric.

Secara tiba-tiba, datanglah seekor naga yang merusak agenda eksekusi itu, maka disaat-saat krusial ini, gamer bisa memilih untuk menerima bantuan dari salah seorang tentara kerajaan atau dari sesama tahanan pemberontak lainnya. Selama awal-awal berada di desa Helgen ini, TES V membebaskan gamer mau memilih ras apa, bentuk wajah dan tubuh seperti apakah yang diinginkan gamer, mau memakai nama apa, usianya berapa, dan apakah akan mau memakai gender pria atau wanita (takada opsi tuk memilih waria/sejenisnya, dll). Semua bebas, gamer juga bisa memilih sekitar 10 ras yang mendiami dunia TES ini, yang terdiri dari lima bangsa besar, yakni human (imperial, nord, red guard, breton), elf (altmer, bosmer, dunmer), orc, khajit (bangsa gimgim eh kucing), dan argonian (bangsa kadal). Di game ini tiada pemilihan job class karakter, semua standar namun setiap ras memiliki keunikan statistik karakter pemula yang tersendiri, ada ras yang cocok untuk menjadi ahli siluman (rogue) semisal ras Khajit.

Ada yang cocok untuk bertempur (warrior), yakni contohnya ras Orc, atau ada ras yang OK untuk menjadi penyihir (mage), yakni Altmer. Semua bebas gamer memilih mau menjadi seperti apa. OK, seusai mendapat salah satu bantuan tersebut, maka gamer akan berhasil melarikan diri dari desa Helgen. Kemudian, bersama teman baru itu, apa yang sebaiknya gamer harus lakukan lebih dahulu, mau langsung menyelidiki kenapa bisa muncul naga secara tiba-tiba dan mengacak-acak desa Helgen? atau langsung memilih untuk berpetualang bebas, mencari-cari petualangan baru di dunai Skyrim sebagai orang bebas dan merdeka dari penjara, atau mau bagaimana, itu semua terserah gamer. JIka memilih untuk mengikuti quest utama yakni untuk membuka tabir misteri akan serangan naga itu, maka gamer pertama-tama harus datang ke salah satu kota kecil yang berdekatan dengan desa Helgen, yakni Riverwood untuk menerima instruksi lebih lanjut dari teman baru tersebut.

Dari situlah, gamer harus berangkat menuju ke salah satu kota besar di SKyrim, yakni Whiterun, lalu petualangan besar bagi gamer dalam memburu miestri para naga itu akan terus berjalan hingga akhir. Sekilas, cerita perburuan kaum naga oleh gamer ini akan terlihat sederhana dan singkat, namun pada dasarnya tak semudah dan secepat itu. Sebab, begitu gamer serius mendalami semua alur cerita dari quest utama, gamer akan menjumpai begitu banyak faksi yang berkeliaran di dunia Skryim. Faksi-faksi yang terlihat di Skryim selain faksi IMperial Legion di Solitude dan Stormcloak di Kota Windhelm, diantaranya ialah ada faksi Companion (fighter guild) di White, faksi Mage di kota Winterhelm, faksi Theft di Riften, faksi Dark Brotherhood (Assasin) di kotar Falkreath, faksi Bard di Solitude, faksi EaStern Company di WIndhelm. Selain itu, akan ada beberapa organisasi rahasia, semisal sekte Thalmor di KOta Markarth dan agen Blade di kota Riverwood, dan beberapa sekte lainnya.

 Skyrim Minimum System Requirements

OS: Windows 7/Vista/XP (32 or 64 bit)
CPU: dual core 2GHz
RAM: 2GB
HDD: 6GB hard disk space
GFX: DX9c video card with 512MB RAM
OTHER: Internet Access for Steam activation


Skyrim Recommended System Requirements

OS: Windows 7/Vista/XP (32 or 64 bit)
CPU: quad-core Intel/AMD
RAM: 4GB
HDD: 6GB hard disk space
GFX RAM: DX9 video card with 1 GB
GFX: GTX 260/Radeon 4890 or higher
Audio: DX compatible sound card

Tidak ada komentar:

Posting Komentar