Senin, 19 November 2012

XCOM Enemy Unknow

 http://digilander.libero.it/cla9592/cover/XCOM-Enemy-Unknown_PC_288.jpg
Berapa banyak gamer yang kenal dengan game klasik yang berjudul X-COM? Game ini mungkin cukup terkenal untuk gamer PC atau yang sudah cukup tua. Game turn-based strategy yang dicampur dengan base management ini ternyata mendapatkan reboot dan remake. Keduanya dilakukan oleh 2K Games. Reboot sendiri berupa game FPS sedangkan remake... Sesuai dengan namanya, membuat ulang game klasik tersebut. Apakah remake ini bisa tetap membawakan kejayaan nama X-COM?
XCOM: Enemy Unknown Review
Loading screen yang cukup keren
XCOM: Enemy Unknown dikembangkan oleh Firaxis Games yang terkenal akan Civilization dan Sid Meier. Game ini ditangani oleh Jake Solomon, yang merupakan fans berat X-COM. Sebelum memulai pengembangan game ini, ia menyuruh semua staffnya untuk memainkan game orisinilnya dan pada saat pembuatan prototype pun membuat ulang game tersebut.
Masih sama dengan game klasiknya, game ini dimulai dengan penyerangan alien ke bumi. Kamu akan ditugaskan sebagai komandan XCOM, sebuah unit spesial untuk melindungi bumi dan melawan serangan tersebut. Sebagai komandan, kamu akan mengatur markas XCOM dan memberikan perintah kepada prajurit-prajurit ketika menjalankan misi.
XCOM: Enemy Unknown Review
Rambut Guile kembali hadir
Game ini tidak terlalu menawarkan cerita yang terlalu spesial. Kamu akan berusaha terus untuk memperkuat XCOM sambil mencari cara untuk mengalahkan para alien. Meskipun begitu, game ini menawarkan gameplay yang sangat dalam.
Masih sama seperti X-COM klasik, dua gameplay utama dalam game ini adalah base management dan turn-based strategy. Dalam base management, banyak yang bisa dilakukan seperti research teknologi alien, membangun markas, dan mencari kegiatan alien.  Hampir semua setiap aksi yang kamu lakukan akan memerlukan sesuatu. Contohnya ketika melakukan research, bisa saja kamu memerlukan mayat dari alien. Tentunya barang-barang yang diperlukan ini biasanya bisa didapatkan dari menjalankan misi.
XCOM: Enemy Unknown Review
Geoscape, bagian penting XCOM
Ketika kamu menjalankan misi, maka gameplay akan berubah menjadi turn-based strategy. Untuk bagian ini, cukup banyak terjadi perubahan dibandingkan dengan sebelumnya. Sekarang setiap prajurit memiliki kelas dan hanya bisa melakukan dua aksi saja. Kelas yang ada dalam game ini adalah Assault, Support, Heavy, Sniper. Perbedaan mencolok dari kelas ini adalah senjata yang digunakan dan skill yang didapatkan. Yup, kali ini prajurit menggunakan sistem skill. Jadi ketika setiap naik pangkat, maka kamu bisa memilih mau memberikan skill apa kepada prajurit tersebut. Sedangkan untuk aksi, dengan hanya bisa melakukan dua aksi saja, gerakan prajurit semakin terbatas. Contohnya kamu hanya bisa jalan kemudian menembak atau dash ke depan tetapi tidak bisa lagi melakukan aksi.
XCOM: Enemy Unknown Review
Interceptor pun masih ada
Hal ini mungkin terlihat seperti menyederhanakan gameplay agar lebih mudah dimainkan. Memang pada awalnya berkesan begitu, tetapi ketika sudah cukup lama, kamu akan merasa perubahan ini membuat gameplay menjadi ketat. Setiap aksi yang kamu lakukan sangat menentukan keselamatan prajurit.
XCOM: Enemy Unknown Review
Markas yang mirip dengan sarang semut
Tentunya banyak elemen-elemen XCOM dari game klasiknya tetap hadir seperti sulitnya tembakan kamu mengenai sasaran atau prajurit yang mati permanen. Kustomisasi juga cukup tinggi dalam game ini. Kamu bisa mengubah-ubah prajurit. Mulai dari nama hingga warna armor. Jadi rasanya asik juga kamu bisa melihat prajurit kamu memakai armor berwarna pink, atau memakai warna Power Rangers.
XCOM: Enemy Unknown Review
Kostumisasi sesuka kamu
Game ini menawarkan beberapa difficulty. Difficulty Normal cukup sulit apabila kamu baru memainkan game ini pertama kali. Tetapi apabila kamu adalah pemain veteran, mungkin difficulty Classic sangat cocok. Selain difficulty, XCOM: Enemy Unknown juga menawarkan Ironman Mode dimana kamu hanya memiliki satu buah save slot dan setiap kamu melakukan keputusan, maka game akan otomatis melakukan save. Ini membuat kamu harus lebih berhati-hati dalam membuat keputusan.
Secara grafik, game ini tidak terlalu wah. Wajar saja, Firaxis memang sengaja membuat model karakternya seperti action figure. Tetapi ini bukan berarti jelek, model dan detail karakternya enak untuk dilihat. Yang menarik adalah alien-aliennya. Meskipun tipe alien masih sama dengan klasik, Firaxis mengubah semua desainnya menjadi lebih modern, tetapi masih tetap terasa klasik. Rasanya sangat segar melihat Unreal Engine 3 dalam game strategy dengan gaya gambar yang cukup berbeda daripada yang biasa digunakan.
XCOM: Enemy Unknown Review
Prajurit terasa lebih dekat dengan kustomisasi
Musik dalam game ini sangat sempurna, benar-benar membuat suasana mencekam. Hal ini tidak aneh, untuk bagian audio ditangani oleh Rolland Rizzo yang telah bekerja untuk seri X-COM sejak awal  dan ditugaskan untuk memperbaharui musik orisinilnya. Dialog untuk tiga karakter utama juga cukup bagus. Mereka juga sekali-kali akan memberikan komentar kepada kamu. Sayangnya hal ini tidak berlaku untuk para prajurit.
XCOM: Enemy Unknown Review
Multiplayer yang cukup menantang
XCOM: Enemy Unknown menawarkan mode multiplayer dimana kamu bisa mengadu strategi kamu dengan pemain lainnya. Meskipun cukup menarik, sayangnya mode ini kurang digarap lebih dalam. Walaupun begitu bukan berarti game ini memiliki waktu bermain yang sebentar. Kamu akan memainkan mode single player hingga puluhan jam dan mungkin bahkan akan terus mengulang game untuk mencoba strategi baru.
VGI Final Verdict
XCOM: Enemy Unknown adalah remake game klasik yang hampir sempurna. Meskipun banyak perubahan dan beberapa penyederhanaan, game ini tetap berhasil membawakan suasana mencekam dari pendahulunya. Penyederhanaan yang dilakukan juga membuat gameplay menjadi lebih menantang. Game ini juga cukup nyaman untuk dimainkan dengan gamepad.
XCOM: Enemy Unknown Review
Ayo segera mainkan game ini!
XCOM: Enemy Unknown adalah game wajib yang dimiliki oleh fans X-COM dan juga penggemar game strategy. (RG)

VGI Ratings for XCOM: Enemy Unknown

9.5 Gameplay Strategi yang cukup menantang serta micro--management yang cukup dalam.
9.0 Graphic Detail cukup bagus serta animasi yang halus.
9.5 Sound Suasana musik yang mencekam serta sound effect yang bagus.
9.5 Longevity Mode single player yang sangat panjang dan bisa dimainkan berkali-kali ditambah dengan mode multiplayer.
9.5 Perfection
Overall XCOM: Enemy Unknown adalah game wajib yang dimiliki oleh fans X-COM dan juga penggemar game strategy.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar