Senin, 19 November 2012

Need for Speed Most Wanted 2012

 

Bagi penggemar seri Need for Speed, pasti kenal dengan game yang dulu rilis di PlayStation 2, Xbox dan PC pada tahun 2005 silam, yaitu Need for Speed: Most Wanted. EA telah menunjuk Criterion Games untuk melakukan reboot pada game balap mobil tersebut dengan judul yang sama, Need for Speed: Most Wanted dengan embel-embel A Criterion Game.

Dikejar polisi adalah hal wajar pada Need for Speed: Most Wanted
Memang rasanya aneh kalau sebuah game balap yang notabene tidak ada ceritanya bisa di-reboot. Premis dari Need for Speed: Most Wanted yang baru ini masih sama, ada 10 orang Most Wanted yang masing-masing memiliki mobil khusus, dan kita harus berusaha mengalahkan mereka satu persatu dan merebut mobil mereka agar bisa menjadi orang Most Wanted nomor satu.
Tapi jangan menganggap Need for Speed: Most Wanted yang baru ini masih dimainkan dengan cara yang sama dengan Need for Speed: Most Wanted tahun 2005 silam. Criterion telah merubah gameplay dari Need for Speed: Most Wanted sehingga terasa seperti Burnout.
Bagi yang ingat dengan game Criterion sebelumnya, Burnout Paradise, Need for Speed: Most Wanted juga sama dengan game tersebut yang mengusung tema open-world racing. Kita bisa bebas menjelajah Fairhaven, kota dimana para pembalap liar dengan bebas balapan (dengan sedikit gangguan dari pihak berwajib).

Kalau kita lolos dari polisi, maka heat level akan berkurang selama kita bersembunyi
Berbeda dengan Need for Speed pada biasanya, di game ini upgrade mobil harus dilakukan dengan melakukan event yang khusus diberikan untuk mobil tersebut. Jadi untuk mendapatkan Nitrous, kita harus menyelesaikan event pertama, dan sebagainya. Tersedia lima buah event per mobil untuk kita selesaikan dengan beberapa macam event standar: Circuit, Sprint, Speed Run (speed rata-rata), Ambush (dikejar polisi berusaha kabur) dan Most Wanted Race. Dengan menyelesaikan event, kita juga akan mendapatkan Speed Points yang digunakan untuk menentukan hak kita dalam menantang para pemilik mobil Most Wanted.
Bintang utama dari Need for Speed: Most Wanted adalah para polisi yang dengan gila akan mencoba menangkap kita apabila kita ketahuan balapan atau mengganggu mereka, misalnya dengan menabrak mereka dari depan. Mereka akan hadir baik sewaktu kita balapan, ataupun ketika kita sedang menuju ke suatu titik.
Bagi penggemar balap kecepatan tinggi, Need for Speed: Most Wanted sangat memuaskan. Malah saking tingginya kecepatan mobil kita, terkadang kita tidak sempat menghindari lalu lintas lain yang hadir untuk menghalangi jalan kita. Tidak lupa untuk penggemar Burnout, game ini memberikan kita kesempatan untuk menghancurkan mobil lawan dengan cara menghantam mereka ke tembok atau ke jurang.

Kini menggunakan check point
Need for Speed: Most Wanted tidak lagi menggunakan sistem panah di pinggir jalan untuk menunjukkan arah balapan. Hal tersebut kini diganti dengan sistem check point. Ini berarti kita bisa bebas mengendara mobil kemana saja yang penting berhasil mencapai check point berikutnya. Namun hal ini akan mengganggu bagi mereka yang tidak biasa memperhatikan peta di pojok kiri bawah ketika balapan dan akan sering nyasar ketika balapan.

Untuk memperbaiki mobil dan mengganti warna, tinggal melewati bangunan biru di atas saja.
Sayangnya, Need for Speed: Most Wanted tidak mendukung kustomisasi visual mobil. Hal ini dikarenakan faktor car-damage yang menurut Criterion tidak bisa dilakukan apabila para gamer bisa melakukan kustomisasi pada bentuk mobil. Pilihan untuk gear manual juga tidak ada, semua harus otomatis, tinggal balap saja ala Burnout.
Cara mendapatkan mobil di game ini juga agak berbeda dengan game sebelumnya. Tidak lagi kita membeli mobil atau meng-unlock mobil, melainkan kita harus menjelajahi Fairhaven dan menemukan mobil-mobil yang bisa kita pakai. Jika sudah menemukan mobil tersembunyi tersebut, maka kita bisa langsung berpindah ke mobil yang sedang parkir tersebut dan langsung melanjutkan permainan.

Mobil dengan eksoskeleton, Ariel Atom
Tersedia berbagai macam mobil dalam Need for Speed: Most Wanted, mulai dari mobil standar macam Chevrolet Corvette ZR1, sampai ke mobil bak terbuka, hummer, bahkan sampai ke mobil sports yang dibuat mirip dengan mobil F1, yaitu Ariel Atom. Satu hal yang kurang dari pilihan mobil game ini adalah pilihan mobil Jepang yang terbatas. Tidak ada Mazda, Toyota dan sebagainya meskipun masih ada Mitsubishi dan Nissan.
Fitur baru pada Need for Speed: Most Wanted adalah EasyDrive. Tidak lagi kita perlu mengakses menu dan pause game untuk mengecek balapan, memodifikasi mobil dan mencari lawan, kita hanya perlu menekan tombol saja sambil mengemudikan mobil. Jadi sambil balapan dengan kecepatan tinggi, kita bisa saja mendadak mengganti ban menjadi ban untuk off-road apabila kita butuhkan. Namun fitur ini sepertinya membutuhkan kecermatan karena harus diakui, mengakses menu dalam kecepatan tinggi sama dengan membaca SMS ketika kita sedang ngebut di jalan tol. Sangat berbahaya!

Sewaktu balapan, kita juga bisa tertimpa cahaya matahari menyilaukan seperti ini.
Untungnya dengan adanya EasyDrive ini kita bisa melakukan retry race dan retry last event dengan langsung, tanpa perlu melakukan pause. Cukup menekan beberapa tombol shortcut, maka kita akan bisa langsung mengulang event race yang tadi kita lakukan.
Setelah puas balapan, kita juga masih bisa menjelajah Fairhaven dan mencari collectibles. Pada Need for Speed: Most Wanted, collectibles yang bisa kita koleksi adalah tentu saja berbagai mobil yang tersembunyi, Speed Camera, menjebol Security Gates, dan berbagai Billboard bertuliskan "EA", "BioWare", "Visceral" dan sebagainya untuk dihancurkan.

Cutscene lucu seperti ini memang cukup standar pada Need for Speed: Most Wanted
Secara grafis, Need for Speed: Most Wanted menampilkan kota Fairhaven dengan baik. Damage mobil juga tampil dengan meyakinkan sehingga terlihat bagaimana mobil kita ringsek akibat tabrakan keras yang terjadi, bagaikan ringseknya mobil Rally. Satu hal yang aneh mungkin adalah para designer game ini ketika menciptakan cutscene. Pernah melihat mobil berjalan di udara? Atau mobil polisi berbayang dan menjadi roda besar? Saya cukup yakin itu bukan glitch, melainkan cutscene awal balapan. Mungkin designer-nya sedang menghisap ganja ketika membuat cutscene tersebut.
Memang grafis cukup baik, namun saking realistiknya, terkadang balapan kita terganggu oleh silaunya cahaya matahari. Selain itu pemilihan sudut pandang hanya ada dua, sudut pandang normal di belakang mobil dan sudut pandang dari bumper mobil yang terlalu rendah.
Need for Speed: Most Wanted juga memiliki audio yang cukup baik. Namun untuk mendengarkan lagu-lagu yang disediakan, kita harus memperbesar volume karena lagu akan tertutup dengan suara mesin mobil. Voice acting juga cukup jelas dengan suara polisi menyerukan apa yang sedang terjadi lewat radio.

Bandingkan level Most Wanted kita dengan teman-teman
Tersedia berbagai fitur multiplayer yang bisa kita lakukan, Single Race, Team Race, Speed Camera Test, Jump Distance Test, Drift Distance Test, FreeDrive Challenges, dan Elimination Feature. Kita juga akan selalu ditemani oleh Autolog yang akan membandingkan rekor kita dengan rekor teman-teman.

Need for Speed: Most Wanted memang bukan Need for Speed yang tradisional. Game ini lebih mirip dengan Burnout Paradise, sebuah kota open-world dimana kita bisa menghancurkan isinya dan balapan dengan bebas. Saya pribadi kurang suka karena balapan harus perfect untuk bisa menang, sementara balapannya saking high-speed-nya malah lebih sering terjadi kecelakaan.

Hancurkan billboard EA yang tersebar di seluruh kota.
Namun yang paling asik dari Need for Speed: Most Wanted adalah mencoba kabur ketika dikejar polisi. Game ini adalah tantangan yang sangat menarik untuk para penggemar kebut-kebutan. Gamenya memang fun namun sulit. Berani menjadi Most Wanted? (ZBT)

VGI Ratings for Need for Speed: Most Wanted

8.5 Gameplay Balapan dengan saling menghancurkan ala Burnout, padahal judulnya Need for Speed.
8.0 Graphic Grafik tidak mengecewakan dengan kota yang cantik, mobil yang hancur dan cutscene yang membuat tertawa.
7.5 Sound Lagu kurang terdengar karena tertimpa suara mesin, namun voice acting cukup baik.
8.0 Longevity Banyak yang bisa dilakukan di kota setelah puas balapan, mulai dari mengumpulkan mobil sampai menghancurkan billboard EA.
8.0 Great
Overall

Tidak ada komentar:

Posting Komentar